Perhatikan ilustrasi berikut. Robot Pencuci Rambut Jepang merupakan negara maju yang terkenal

Perhatikan ilustrasi berikut.

Robot Pencuci Rambut

Jepang merupakan negara maju yang terkenal dengan robot-robot yang membantu tugas manusia, sehingga bisa mudah ditemukan di tempat-tempat umum. Salah satu robot unik yang diciptakan Negeri Sakura adalah robot pencuci rambut.

Robot in diciptakan Khusus untuk mencuci rambut di salon-salon yang karyawannya sudah manula dan disabilitas. Menariknya lagi, robot buatan perusahaan Panasonic in juga memiliki 24 jari yang fungsinya untuk mencuci rambut. Mulai dari menyampo, memijat, sampai membilas bisa dilakukan robot tersebut hanya dalam waktu 3 menit saja. Awalnya robot in hanya untuk membantu kegiatan di panti jompo saja untuk memudahkan manula mencuci rambut. Tapi, belakangan in salon pangkas rambut di Jepang mulai memakainya untuk meringankan tugas pegawainya

Berdasarkan ilustrasi diatas, berikut adalah permasalahan yang dialami oleh salah satu salon yang menggunakan robot ini.

Di sebuah salon menawarkan 3 paket, paket A terdiri dari keramas, paket B terdiri dari keramas dan pijat, paket C terdiri dari keramas, pijat, dan creambath.

Di har pertama robot in mampu menghasilkan uang Rp3.150.000,00, dengan melayani 6 orang hanya keramas, 8 orang keramas dan pijat, serta 4 orang keramas, pijat dan creambath. Di hari kedua mengalami peningkatan pemasukan, robot ini mampu menghasilkan uang sebesar Rp3.850.000,00, dengan melayani 5 orang hanya keramas, 7 orang keramas dan pijat, serta 8 orang keramas, pijat dan creambath. Di hari ketiga robot ini menghasilkan uang Rp4.400.000,00, dengan melayani 6 orang hanya keramas, 8 orang keramas dan pijat, serta 9 orang keramas, pijat dan creambath. Tentukanlah harga tiap-tiap paket pelayanan yang ada di salon tersebut! (fluency, flexibility, orisinality, elaboration)

Jawab:

Kita bisa buat model matematikanya seperti berikut:

6A + 8B + 4C = 3.150rb

5A + 7B + 8C = 3850rb

6A + 8B + 9C = 4.400rb

Selanjutnya kita bisa lakukan perhitungan seperti berikut:

Jadi harga paket A adalah Rp125.000,00 harga paket B adalah Rp175.000,00, dan harga paket C adalah Rp250.000,00.

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Posting Komentar untuk "Perhatikan ilustrasi berikut. Robot Pencuci Rambut Jepang merupakan negara maju yang terkenal "