Pemegang hak atas program komputer biasanya menggunakan lisensi shrinkwrap dan lisensi clickwrap

Teks untuk soal nomor 3 s.d. 5.

Pemegang hak atas program komputer biasanya menggunakan lisensi shrinkwrap dan lisensi clickwrap. Lisensi shrinkwrap merupakan seperangkat ketentuan dan persyaratan (term and conditions) mengenai penggunaan suatu software yang berada dalam bungkus/kotak dari software tersebut. Pada saat membuka kotak/pembungkus software, pembeli dianggap telah menyetujui ketentuan dan persyaratan tersebut. Adapun lisensi clickwrap merupakan bentuk persetujuan dari pengguna mengenai ketentuan dan persyaratan software yang muncul pada saat melakukan install software tersebut. Karya, ciptaan, hasil buah pikiran, atau intelektualitas manusia merupakan objek utama dalam HAKI. Cermin dari kata intelektual adalah objek kekayaan yang melingkupi kecerdasan, daya pikir, atau produk pemikiran manusia.

3. Pemegang hak atas program komputer blasanya menggunakan lisensi shrinkwrap dan lisensi clickwrap. Apa perbedaan antara lisensi shrinkwrap dan lisensi clickwrap?

Jawab:

Lisensi shrinkwrap merupakan seperangkat ketentuan dan persyaratan (term and conditions) mengenai penggunaan suatu software yang berada dalam bungkus/kotak dari software tersebut. Pada saat membuka kotak/pembungkus software, pembeli dianggap telah menyetujui ketentuan dan persyaratan tersebut. Adapun lisensi clickwrap merupakan bentuk persetujuan dari pengguna mengenai ketentuan dan persyaratan software yang muncul pada saat melakukan install software tersebut. 


4. Karya, ciptaan, hasil buah pikiran, atau intelektualitas manusia merupakan objek utama dalam …..

Jawab:

HAKI


5. Penjualan yang dilakukan tidak disertai dengan media dan dokumentasi pendukung yang sah termasuk dalam pelanggaran . . . .

   A. harddisk loading

   B. conterfeting

   C. mischanneling

   D. enduser copying

   E. internet

Pembahasan:

Penjualan yang dilakukan tidak disertai dengan media dan dokumentasi pendukung yang sah termasuk dalam pelanggaran conterfeting.

Jawaban: B

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Posting Komentar untuk "Pemegang hak atas program komputer biasanya menggunakan lisensi shrinkwrap dan lisensi clickwrap"