Pemanfaatan penyu di beberapa pusat konservasi lebih berfokus pada wisata daripada konservasi

Kutipan cerpen untuk soal nomor 1 s.d. 5.

Pemanfaatan penyu di beberapa pusat konservasi lebih berfokus pada wisata daripada konservasi. Penggunaan istilah penangkaran di pusat konservasi penyu tidak tepat karena tidak ada bukti bahwa telah dilakukan kegiatan penangkaran. Oleh karena itu perlu peninjauan ulang penamaan "penangkaran". BKSDA perlu membuat prosedur operasional standar pengelolaan penyu yang baik untuk semua pusat, terutama yang terkait dengan kesejahteraan satwa serta pemberian edukasi kepada masyarakat.

Diperkirakan terdapat kesenjangan antara jumlah penyu yang direkomendasikan oleh BKSDA untuk kegiatan keagamaan dengan yang dimanfaatkan oleh masyarakat. Untuk itu sebaiknya dilakukan penghitungan yang cermat dan diskusi dengan tokoh agama untuk mendapatkan alternativ lain pemanfaatan penyu pada kegiatan keagamaan. Keberhasilan konservasi penyu di Bali masih terfokus pada jumlah telur yang menetas. Harusnya hal ini diimbangi dengan adanya pendataan jumlah penyu betina yang mendarat dan perlindungan lokasi bertelur. Kegiatan monitoring dan perlindungan habitat harusnya menjadi fokus dari pengelolaan. Pengambilan telur dari tempat yang jauh dari lokasi harusnya dihindarkan karena tidak sesuai dengan kondisi alami penyu. Oleh karena itu BKSDA harus meminta para pelaku konservasi agar melakukan monitoring penyu mendarat dan pantai tempat peneluran.


1. Karya ilmiah ditulis menggunakan kosakata baku. Temukan penggunaan kosakata tidak baku dalam kutipan karya ilmiah tersebut dan tuliskan kosakata baku yang tepat!

Jawab:

Alternativ. Penulisan yang tepat adalah alternatif 


2. Salah satu kaidah kebahasaan yang digunakan adalah penggunaan tanda koma (,). Temukan penggunaan tanda koma yang seharusnya dibubuhkan dalam kutipan teks tersebut!

Jawab:

Tanda koma (,) perlu dibubuhkan setelah kata Oleh karena itu. 


3. Kosakata baku memiliki arti yang dapat ditemukan dalam kamus. Apakah arti kata "konservasi" berdasarkan kutipan teks tersebut?

Jawab:

Konservasi/kon.ser.va.si/ /konsérvasi/ n 1 pemeliharaan dan perlindungan sesuatu secara teratur untuk mencegah kerusakan dan kemusnahan dengan jalan mengawetkan;

pengawetan; pelestarian.


4. Kosakata tidak tepat sering digunakan dalam tulisan. Apakah kosakata baku yang tepat untuk mengganti kata "monitoring" dalam kutipan teks tersebut?

Jawab:

Monitoring dapat diganti menjadi memonitor.


5. Kosakata baku perlu dikuasai artinya agar dapat memahami makna dalam teks. Temukan arti kata "penangkaran" dalam kutipan karya ilmiah tersebut!

Jawab:

Penangkaran/pe.nang.kar.an/ n 1 tempat (perusahaan) pembiakan.

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Posting Komentar untuk "Pemanfaatan penyu di beberapa pusat konservasi lebih berfokus pada wisata daripada konservasi"