Monitoring dan evaluasi proyek sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan praktik lintas bidang. Jelaskan

Monitoring dan evaluasi proyek sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan praktik lintas bidang. Jelaskan bentuk monitoring dan evaluasi proyek dalam praktik lintas bidang!

Jawab:

Monitoring dalam praktik lintas bidang dilakukan dengan membuat rekaman aktivitas proyek. Rekaman ini berisi daftar aktivitas individu dalam mengerjakan proyek. Setiap anggota kelompok diwajibkan membuat rekaman aktivitas proyek (log activity) yang berupa penyusunan laporan kemajuan dan laporan akhir. Laporan dapat dibuat menggunakan aplikasi pembuat presentasi atau aplikasi pengolah kata. 

Adapun evaluasi akan dilakukan oleh guru. Setiap kelompok juga akan diberi kesempatan untuk menyusun evaluasi atau refleksi diri. Refleksi diri bersifat individu dan juga kelompok. Setidaknya ada tiga aspek yang ditanyakan saat mengisi refleksi diri, yaitu deskripsi pengalaman yang didapatkan, kendala yang dihadapi, serta tindak lanjut terhadap pengalaman bekerja secara berkelompok ataupun individu.

Selain mengevaluasi diri, setiap kelompok juga diberi kesempatan untuk memberikan penilaian kepada teman sekelompok dengan memberikan kritik yang objektif dan saran yang membangun dengan sopan. 

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Posting Komentar untuk "Monitoring dan evaluasi proyek sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan praktik lintas bidang. Jelaskan"