Jelaskan (Pengertian, jenis, faktor penyebab, proses/tahapan, manfaat dan contoh) dari suksesi dan

Jelaskan (Pengertian, jenis, faktor penyebab, proses/tahapan, manfaat dan contoh) dari suksesi dan gambarkan proses suksesi primer dan suksesi sekunder, serta buatlah perbedaannya dalam bentuk tabel?

Jawab:

Suksesi adalah proses perubahan bertahap dan terarah dalam komunitas makhluk hidup di suatu tempat dalam jangka waktu tertentu menuju ke arah lingkungan yang lebih teratur dan stabil.

Ada dua jenis suksesi dalam ekosistem yaitu suksesi primer dan sekunder.

Faktor-faktor yang dapat menyebabkan terjadinya suksesi antara lain Bencana alam (banjir, gunung berapi), Aktivitas manusia (penebangan hutan), dan perubahan iklim

Suksesi ekosistem umumnya terjadi dalam beberapa tahap, yaitu:

  1. Migrasi: Spesies pionir, yaitu organisme yang mampu hidup di kondisi ekstrim, datang ke tempat yang terganggu dan mulai berkoloni.
  2. Modifikasi: Spesies pionir mengubah lingkungan fisik dengan cara-cara seperti menstabilkan tanah, meningkatkan kandungan air, dan menghasilkan bahan organik.
  3. Kompetisi: Spesies yang lebih kompleks dan kompetitif mulai berdatangan dan bersaing dengan spesies pionir.
  4. Stabilisasi: Komunitas mencapai keseimbangan dan menjadi lebih stabil.

Suksesi memiliki beberapa manfaat, yaitu: Memperbaiki kualitas lingkungan, Menjaga keanekaragaman hayati, dan Meningkatkan sumber daya alam.

Contoh Suksesi

  1. Suksesi Primer: Suksesi di pulau vulkanik yang baru muncul, suksesi di danau vulkanik baru terbentuk, suksesi di tanah longsor.
  2. Suksesi Sekunder: Suksesi setelah kebakaran hutan, suksesi setelah banjir, suksesi setelah penebangan hutan.

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Posting Komentar untuk "Jelaskan (Pengertian, jenis, faktor penyebab, proses/tahapan, manfaat dan contoh) dari suksesi dan"