Dari segi fisik, buku ini sangat sederhana. Ukuran buku bisa dibawa kemanapun, sebab memiliki

Kutipan teks untuk soal nomor 1 s.d. 5.

Dari segi fisik, buku ini sangat sederhana. Ukuran buku bisa dibawa kemanapun, sebab memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dan tebal. Dari segi isi, tulisan mudah dipahami. Bahasa sastra biasanya cenderung memakai bahasa kias yang melangit tinggi, namun karya-karya Laksmi Purwandita tidak seperti itu. Gaya sastra yang dimiliki Laksmi Purwandita sangat sederhana, namun tidak menghilangkan kesan estetika seni dalam bersastra. Penulis seolah ingin menyampaikan kesan kepada pembaca bahwa menulis sastra dalan bentuk puisi merupakan hal yang bisa dilakukan semua orang. Pengalaman sederhana dan sehari-han pun bisa dituangkan dalam bentuk puisi.

Bagi pembaca yang menelusuri perjalanan harian selama sebulan dalam antologi puisi "Sekejap", pembaca tidak akan menemukan makna utuh cerita setiap harinya. Penulis hanya menuangkan tulisan berupa sastra puisi berbentuk penggalan cerita. Alangkah lebih eloknya jika bisa mengemas satu cerita utuh seharian melalui rangkapan larik-larik puisi yang dikemas dengan bahasa sederhana. Dengan cara demikian pembaca akan benar-benar merasakan satu full makna cerita penulis selama satu bulan penuh. Seperti sebuah diary yang dirangkai melalui bahasa sastra puisi.


1. Puisi dapat dicetak dalam bentuk buku kumpulan puisi. Apakah judul kumpulan puisi yang diulas dalam kutipan teks tersebut?

Jawab:

Sekejap 


2. Resensi yang menyampaikan hasil ulasan sebuah buku memiliki struktur yang berbeda dengan teks lain. Tentukan struktur teks yang tepat berdasarkan kutipan teks tersebut!

Jawab:

Bagian kelebihan buku dan kekurangan buku. 


3. Teks resensi buku ditulis dengan diawali judul resensi. Apakah judul resensi yang tepat berdasarkan kutipan teks tersebut?

Jawab:

Resensi buku: Sekejap, Antologi Puisi Laksmi Purwandita. 


4. Dalam resensi buku dapat disampaikan kelebihan buku. Apakah kelebihan buku yang diulas dalam kutipan resensi tersebut?

Jawab:

Berikut kelebihan buku yang diulas. 

Dari segi fisik, buku ini sangat sederhana. Ukuran buku bisa dibawa kemanapun, sebab memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dan tebal. Dari segi isi, tulisan mudah dipahami. Bahasa sastra biasanya cenderung memakai bahasa kias yang melangit tinggi, namun karya-karya Laksmi Purwandita tidak seperti itu. Gaya sastra yang dimiliki Laksmi Purwandita sangat sederhana, namun tidak menghilangkan kesan estetika seni dalam bersastra. Penulis seolah ingin menyampaikan kesan kepada pembaca bahwa menulis sastra dalam bentuk puisi merupakan hal yang bisa dilakukan semua orang. Pengalaman sederhana dan sehari-hari pun bisa dituangkan dalam bentuk puisi. 


5. Resensi buku disusun menggunakan kosakata baku yang dapat diketahui artinya dalam kamus. Tentukan arti kata "antologi" dalam kutipan teks tersebut!

Jawab:

Antologi/an·to·lo·gi/ n kumpulan karya tulis pilihan dari seorang atau beberapa orang pengarang. 

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Posting Komentar untuk "Dari segi fisik, buku ini sangat sederhana. Ukuran buku bisa dibawa kemanapun, sebab memiliki"