Perhatikan kutipan berikut! Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, kita sering kali menemui fenomena

Perhatikan kutipan berikut!

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, kita sering kali menemui fenomena terkait kalor. Namun kita sering mengabaikan fenomena tersebut. Jika kita mengetahui konsep tentang fenomena tersebut akan sangat bermanfaat bagi kehidupan kita ke depannya. Berikut adalah beberapa contoh kejadian dalam kehidupan sehari-hari yang menerapkan kalor.

1. Fenomena di mana daratan dan laut saling bertukar panas, menciptakan pergerakan udara yang kita rasakan sebagai angin. Angin darat teriadi ketika daratan yang dipanaskan oleh sinar matahari mendorong udara panas naik dan udara dingin dari laut mengalir ke daratan untuk menggantikannya. Di malam hari, angin laut terjadi ketika daratan mendingin lebih cepat daripada laut sehingga udara panas naik dari permukaan laut yang masih hangat.

2. Ketika arus listrik mengalir melalui solder, perpindahan panas terjadi, membuat ujung solder menjadi panas dan siap untuk digunakan. Panas mengalir melalui material dari daerah yang lebih panas ke daerah yang lebih dingin.

3. Panas dari elemen pemanas setrika mengalir ke dalam alas, menciptakan permukaan yang panas sehingga kita bisa meluruskan pakaian dengan mudah. Perpindahan panas terjadi saat panas bergerak melalui material tanpa adanya pergerakan massa.

4. Ketika panas diaplikasikan pada air, energi panas meningkatkan gerakan molekul air hingga mencapai titik di mana air berubah menjadi uap, menciptakan perpindahan panas yang mengesankan. Proses Ini disebut perpindahan panas fase, di mana zat berubah wujud dari cair menjadi gas.

5. Saat kompor memanaskan panci, perpindahan panas terjadi, membuat panci menjadi panas dan mendidihkan air di dalamnya. Perpindahan panas terjadi. antara permukaan panas kompor dan panci.

Berdasarkan kutipan tersebut, jelaskan jenis-jenis perpindahan kalor pada masing-masing fenomena!

Jawab:

1) Angin darat dan angin laut merupakan perpindahan panas secara konveksi.

2) Ujung solder menjadi panas merupakan perpindahan panas secara konduksi.

3) Alas setrika terasa panas sat sedang digunakan merupakan perpindahan panas secara konduksi.

4) Air mendidih ketika dipanaskan merupakan perpindahan panas secara konveksi.

5) Panci terasa panas saat merebus air merupakan perpindahan panas secara konveksi.

-------------------------------------------
Mari Kita Selalu Belajar Bareng di
qanda.id
Jangan Lupa Komentar dan Saran di
nanangnurulhidayat@gmail.com

Posting Komentar untuk "Perhatikan kutipan berikut! Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, kita sering kali menemui fenomena"