Seni bangunan Islam yang menonjol adalah masjid. Untuk mengetahui perkembangan masjid sebagai

Seni bangunan Islam yang menonjol adalah masjid. Untuk mengetahui perkembangan masjid sebagai bangunan, ada tiga jenis masjid yaitu masjid tradisional. masjid makam, dan masjid modern. Terangkan tentang masjid modern! 

Jawab:

Masjid modern merupakan masjid yang dibangun dengan arsitektur modern dan bahan-bahan yang digunakan juga sudah modern. Bangunan masjid modern terdiri dari tembok beton, keramik atau marmer, dan gentingnya dari bahan yang kuat seperti keramik.

Ciri masjid modern terlihat nyata pada arsitektur masjid yang dipengaruhi oleh budaya Persia dan India. Ciri lain pada masjid modern adalah banyaknya masjid modern yang memakai kubah. Suatu ciri yang menonjol dari masjid modern adalah telah dilengkapi dengan menara yang berfungsi sebagai tempat para muazin untuk mengumandangkan azan.

Contoh masjid modern yang dibangun sebelum Indonesia merdeka di antaranya Masjid Baiturrahman di Banda Aceh dan Masjid Maimun di Medan. Masjid modern yang dibangun setelah Indonesia merdeka di antaranya Masjid Syuhada (1952) di Yogyakarta, Masjid Al-Azhar (1950- an) di Kebayoran Baru (Jakarta), dan di bekas benteng Belanda dibangun Masjid Istiqlal. Pada masjid modern tidak dikaitkan dengan makam, tetapi masjid menjadi sentra bermacam-macam kegiatan, seperti sekolah (madrasah), majelis taklim (pengajian), balai pertemuan, dan tempat seminar atau ceramah. 

-------------------------------------------
Mari Kita Selalu Belajar Bareng di
qanda.id
Jangan Lupa Komentar dan Saran di
nanangnurulhidayat@gmail.com

Posting Komentar untuk "Seni bangunan Islam yang menonjol adalah masjid. Untuk mengetahui perkembangan masjid sebagai"