Perhatikan wacana berikut! Seni rupa merupakan hasil karya seni ciptaan manusia, baik berbentuk dua dimensi

Perhatikan wacana berikut!

Seni rupa merupakan hasil karya seni ciptaan manusia, baik berbentuk dua dimensi maupun tiga dimensi yang memiliki nilai keindahan dan terwujud dari unsur-unsur pembentuk yang dapat dinikmati dengan indra penglihatan dan peraba. Berekspresi dalam seni rupa berarti menuangkan isi hati dan pemikiran dengan memanfaatkan seluruh elemen tersebut. Kegiatan berekspresi dalam seni rupa biasanya berbentuk perbuatan-perbuatan fisik yang menuntut keterampilan-keterampilan tertentu. Berkaitan dengan hal ini, berekspresi dalam seni rupa memiliki proses kreatif yang umumnya terdiri dart lima tahapan, yaitu mengamati, menanyakan, mencoba, menatar, dan menyajikan.

Dari lima tahapan proses kreatif seni rupa di atas, jelaskan tentang proses menalar!

Jawab:

Dari sejumlah desain yang telah dibuat, lakukan analisis penalaran terhadap kekuatan dan kelemahan setiap desain tersebut. Faktor yang diamati antara lain aspek konseptual, visual, penggunaan media (bahan baku), hingga teknik berkarya yang sesuai.

Kemudian, tetapkan salah satu desain yang paling representatif. Setelah menetapkan desain tersebut, maka selanjutnya adalah proses pembuatan karya seni rupa dengan berekspresi sebebas mungkin dan percaya diri. 

-------------------------------------------
Mari Kita Selalu Belajar Bareng di
qanda.id
Jangan Lupa Komentar dan Saran di
nanangnurulhidayat@gmail.com

Posting Komentar untuk "Perhatikan wacana berikut! Seni rupa merupakan hasil karya seni ciptaan manusia, baik berbentuk dua dimensi"