Masjis Demak merupakan salah satu masjid kuno yang atapnya bertingkat tiga di Indonesia. Berikut yang

Bacalah artikel berikut!

Masjid Agung Demak merupakan masjid kuno yang dibangun oleh Raden Patah dari Kerajaan Demak yang dibantu oleh Wali Sanga pada abad ke-15 Masehi. Masjid ini masuk dalam salah satu jajaran masjid tertua di Indonesia. Lokasi Masjid Agung Demak terletak di Kampung Kauman, Kelurahan Bintoro, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Berada tepat di alun-alun dan pusat keramaian Demak, Masjid Agung Demak tidak sulit untuk ditemukan. sisi arsitektur, Masjid Agung Demak adalah simbol arsitektur tradisional Indonesia

Dari yang khas serta sarat makna. Tetap sederhana tetapi terkesan megah, anggun, indah, dan sangat berkarismatik. Atap masjid berbentuk limas yang bersusun tiga. Empat tiang utama di dalam masjid yang disebut saka tatal/saka guru dibuat langsung oleh Wali Sanga. Masing-masing di sebelah barat laut oleh Sunan Bonang, sebelah barat daya oleh Sunan Gunung Jati, sebelah tenggara oleh Sunan Ampel, dan sebelah timur laut oleh Sunan Kalijaga.

Masjis Demak merupakan salah satu masjid kuno yang atapnya bertingkat tiga di Indonesia. Berikut yang tidak termasuk masjid kuno di Indonesia adalah ….

   A. Masjid Agung Banten

   B. Masjid Jepara

   C. Masjid Ternate

   D. Masjid Maimun Medan

   E. Masjid Agung Cirebon

Pembahasan:

Yang tidak termasuk masjid kuno di Indonesia adalah Masjid Maimun Medan, karena baru selesai pembangunan pada tahun 1909 M.

Jawaban: D

-------------------------------------------
Mari Kita Selalu Belajar Bareng di
qanda.id
Jangan Lupa Komentar dan Saran di
nanangnurulhidayat@gmail.com

Posting Komentar untuk "Masjis Demak merupakan salah satu masjid kuno yang atapnya bertingkat tiga di Indonesia. Berikut yang"