Bacalah artikel berikut! Sektor transportasi merupakan penyumbang emisi gas rumah kaca

Bacalah artikel berikut

Sektor transportasi merupakan penyumbang emisi gas rumah kaca (GRK) global yang sangat terkait erat dengan sektor energi dikarenakan penggunaan bahan bakar oleh kendaraan bermotor. Diperkirakan sebanyak 62% penggunaan bahan bakar minyak berasal dari sektor transportasi. Hal ini menunjukkan permintaan bahan bakar minyak pada sektor transportasi yang tinggi. Pemerintah Indonesia mempunyai komitmen menurunkan emisi GRK untuk mengatasi perubahan iklim. Berdasarkan pada sumber-sumber emisi GRK di Indonesia, 5,1% sumber emisi tersebut berasal dari sektor transportasi. Bila tidak ada perubahan kebijakan, maka tren permintaan bahan bakar minyak di sektor transportasi akan berdampak pada peningkatan tren konsentrasi pencemaran di udara maupun peningkatan emisi GRK.

Bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut?

Jawab:

Menggunakan transportasi umum dan sepeda. Membatasi penggunaan mobil dan sepeda motor hanya untuk menempuh jarak jauh. Untuk jarak dekat bisa memulai kebiasaan berjalan kaki tau menggunakan sepeda.

Hal ini akan membatasi peningkatan karbon dioksida dan karbon monoksida di atmosfer. Sementara untuk pergi ke jarak yang lebih jauh, jika memungkinkan menggunakan angkutan umum massal, seperti busway dan kereta api.

-------------------------------------------
Mari Kita Selalu Belajar Bareng di
qanda.id
Jangan Lupa Komentar dan Saran di
nanangnurulhidayat@gmail.com

Posting Komentar untuk "Bacalah artikel berikut! Sektor transportasi merupakan penyumbang emisi gas rumah kaca"