Alasan pembuatan prasasti sebagai bentuk legitimasi mutlak diperlukan adalah

Sebagai kerajaan tertua di Pulau Jawa bagian barat, Kerajaan Tarumanegara meninggalkan banyak prasasti. Isinya mendokumentasikan peradaban serta keperkasaan rajanya, Purnawarman, Sebagai seorang raja, Purnawarman memerlukan bukti yang mengesahkan kewenangannya dalam mengatur tata kelola kerajaan. Oleh sebab itu, pembuatan prasasti sebagai bentuk legitimasi mutlak diperlukan untuk mengukuhkan kewenangan dan kewibawaan Purnawarman sebagai seorang raja.

Legitimasi seorang raja sering merujuk pada tokoh yang dianggap suci dan memiliki kekuatan spiritual yang tinggi, para dewa misalnya. Oleh sebab itu, para raja akan melegitimasi kekuasaanya dengan menyebut dirinya sebagai wakil dewa di dunia. Dengan demikian, simpati dan rasa hormat dari masyarakat pun akan diperoleh oleh sang raja. Untuk memperoleh legitimasi atas kekuasaannya sebagai raja Tarumanegara, Purnawarman membuat beberapa prasasti yang ditempatkan di beberapa titik aliran sungai. Prasast-prasast tersebut adalah Prasasti Ciaruteun, Prasasti Kebon Kopi, dan Prasasti Pasir Jambu Ketiga prasasti tersebut saat ini berlokasi di Kecamatan Cibungbulan dan Kecamatan Nanggung. Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Alasan pembuatan prasasti sebagai bentuk legitimasi mutlak diperlukan adalah ….

   A. untuk mendokumentasikan peradaban

   B. untuk mendokumentasikan keperkasaan raja

   C. untuk membangun saluran air 

   D. untuk menambah hasil budaya kerajaan

   E. untuk mengukuhkan kewenangan dan kewibawaan Purnawarman sebagai seorang raja

Pembahasan:

Alasan pembuatan prasasti sebagai bentuk legitimasi mutlak diperlukan adalah untuk mengukuhkan kewenangan dan kewibawaan Purnawarman sebagai seorang raja.

Jawaban: E

-------------------------------------------
Mari Kita Selalu Belajar Bareng di
qanda.id
Jangan Lupa Komentar dan Saran di
nanangnurulhidayat@gmail.com

Posting Komentar untuk "Alasan pembuatan prasasti sebagai bentuk legitimasi mutlak diperlukan adalah"