Seni bangunan Islam yang menonjol adalah masjid. Terangkan ciri-ciri bangunan masjid kuno di Indonesia

Seni bangunan Islam yang menonjol adalah masjid. Terangkan ciri-ciri bangunan masjid kuno di Indonesia!

Jawab:

Berikut ciri-ciri bangunan masjid kuno di Indonesia. 

1. Atapnya berupa atap tumpang, yaitu atap yang bersusun, semakin ke atas semakin kecil dan tingkat yang paling atas berbentuk limas. Jumlah tumpang biasanya selalu gasal/ ganjil. Atap masjid biasanya masih diberi lagu sebuah puncak yang dinamakan mustaka. 

2. Tidak ada menara yang berfungsi sebagai tempat mengumandangkan azan. Berbeda dengan masjid-masjid di luar Indonesia yang umumnya terdapat menara. Hanya ada beberapa bangunan masjid yang menggunakan menara, yaitu Masjid Agung Cirebon, Masjid Menara Kudus, Masjid Agung Banten, dan Masjid Tambora di Jakarta. Ada yang istimewa dari masjid Kudus dan Masjid Banten, yaitu menaranya yang berbentuk unik. Bentuk menara Masjid Kudus merupakan sebuah candi langgam Jawa Timur yang diubah dan disesuaikan penggunaannya dengan diberi atap tumpang. Pada Masjid Banten, menara tambahannya dibuat menyerupai mercusuar. 

3. Umumnya masjid didirikan di ibu kota atau dekat istana kerajaan. Di Indonesia penempatan masjid (khususnya masjid agung) diatur sedemikian rupa sesuai dengan komposisi macapat, masjid ditempatkan di sebelah barat alun-alun dekat dengan istana, yang merupakan simbol bersatunya rakyat dan raja. 

-------------------------------------------
Mari Kita Selalu Belajar Bareng di
qanda.id
Jangan Lupa Komentar dan Saran di
nanangnurulhidayat@gmail.com

Posting Komentar untuk "Seni bangunan Islam yang menonjol adalah masjid. Terangkan ciri-ciri bangunan masjid kuno di Indonesia"