Salah satu tugas Bank Indonesia sebagai bank sentral adalah melaksanakan dan menetapkan kebijakan

Salah satu tugas Bank Indonesia sebagai bank sentral adalah melaksanakan dan menetapkan kebijakan moneter. Identifikasikan wewenang Bank Indonesia dalam melaksanakan tugas tersebut!

Jawab

Wewenang Bank Indonesia adalah sebagai berikut. 

1. Menetapkan sasaran-sasaran moneter dengan memperhatikan sasaran laju inflasi yang ditetapkannya. 

2. Melakukan pengendalian moneter dengan cara menetapkan suku bunga (BI-Rate). Adapun kebijakan moneter yang dilakukan Bank Indonesia yaitu sebagai berikut. 

  1. Operasi pasar terbuka, baik rupiah maupun valuta asing. 
  2. Penetapan tingkat diskonto. 
  3. Penetapan cadangan wajib minimum. 
  4. Pengaturan kredit dan pembiayaan berdasarkan prinsip syariah. 

3. Bank Indonesia dapat memberikan kredit atau pembiayaan berdasarkan prinsip syariah untuk jangka waktu 90 hari kepada bank untuk mengatasi kesulitan pendanaan jangka pendek bank yang bersangkutan. 

4. Pelaksanaan pemberian kredit atau pembiayaan berdasarkan prinsip syariah wajib dijamin oleh bank penerima dengan agunan yang berkualitas tinggi dan mudah dicairkan yang nilainya minimum sejumlah kredit atau pembiayaan yang diterimanya. 

5. Dalam hal suatu bank mengalami kesulitan ang berdampak sistemik dan berpotensi mengakibatkan krisis yang membahayakan sistem keuangan, Bank Indonesia dapat memberikan fasilitas pembiayaan darurat yang pendanaannya menjadi beban pemerintah.

6. Kesulitan dan cara pengambilan keputusan mengenai kesulitan keuangan bank yang berdampak sistemik, pemberian fasilitas pembiayaan darurat, serta sumber pendapatan yang berasal dari anggaran dan belanja negara diatur dalam undang-undang tersendiri. 

7. Bank Indonesia melaksanakan kebijakan nilai tukar berdasarkan sistem nilai tukar yang telah ditetapkan. 

8. Bank Indonesia mengelola cadangan devisa dengan cara melaksanakan berbagai jenis transaksi devisa. Bank Indonesia dapat menerima pinjaman luar negeri. 

-------------------------------------------
Mari Kita Selalu Belajar Bareng di
qanda.id
Jangan Lupa Komentar dan Saran di
nanangnurulhidayat@gmail.com

Posting Komentar untuk "Salah satu tugas Bank Indonesia sebagai bank sentral adalah melaksanakan dan menetapkan kebijakan"