Perhatikan infografik berikut! Masuknya pengaruh India juga membawa perkembangan dalam bidang seni rupa

Perhatikan infografik berikut!

Masuknya pengaruh India juga membawa perkembangan dalam bidang seni rupa, seni pahat, dan seni ukir. Hal tersebut dapat dilihat pada relief atau seni ukir yang dipahatkan pada bagian dinding- dinding candi, contohnya relief yang dipahatkan pada dinding pagar langkan di Candi Borobudur. Kemukakan relief-relief yang ada di Candi Borobudur!

Jawab:

Berikut relief-relief yang ada di Candi Borobudur. 

1. Relief Karmawibhanga. Menceritakan sebab akibat perbuatan baik dan buruk manusia. Dipahatkan pada kaki candi yang tertimbun.

2. Relief Lalitavistara. Menceritakan riwayat Sang Buddha Gautama sejak lahir sampai khotbah pertama di Taman Rusa. Dipahatkan pada dinding sebagian lorong pertama. 

3. Relief Jatakamala-Awadana. Berupa kumpulan sajak yang menceritakan perbuatan Sang Buddha Gautama dan para Bodhisatwa semasa hidupnya. Dipahatkan pada dinding sebagian lorong pertama dan kedua. 

4. Relief Gandhawiyuha-Bhadracari. Menceritakan usaha Sudhana mencari ilmu yang tinggi sampai Sudhana bersumpah mengikuti Bodhisatwa Samanthabhadra. Dipahatkan pada dinding lorong kedua sampai keempat. 

-------------------------------------------
Mari Kita Selalu Belajar Bareng di
qanda.id
Jangan Lupa Komentar dan Saran di
nanangnurulhidayat@gmail.com

Posting Komentar untuk "Perhatikan infografik berikut! Masuknya pengaruh India juga membawa perkembangan dalam bidang seni rupa"