Perhatikan bagan berikut! Bagaimana ekosistem dalam skema jaring-jaring makanan di atas dapat terjaga

Perhatikan bagan berikut!

Bagaimana ekosistem dalam skema jaring-jaring makanan di atas dapat terjaga kelestariannya? Jelaskan!

Jawab:

Keseimbangan organisme dalam sebuah ekosistem sangat penting demi berlangsungnya kehidupan pada ekosistem tersebut agar tidak punah satu per satu. Dari contoh jaring-jaring makanan pada soal, apabila katak (konsumen II) punah atau tinggal sedikit sekali jumlahnya karena diburu oleh manusia untuk dijadikan makanan olahan, maka yang akan terjadi adalah jumlah belalang (konsumen II) akan meningkat tajam karena salah satu pemangsanya yang utama sudah punah. Kebalikannya jumlah ular (konsumen III) akan berkurang karena tidak ada makanan, karena katak sebagai makanan ular tidak ada lagi. Efek berikutnya tentu saja belalang juga akan banyak yang mati karena persaingan hidup di mana jumlah rumput tidak bisa memenuhi kebutuhan makan belalang yang jumlahnya semakin tidak terkendali menjadi hama tanaman manusia yang merugikan. 

Dari gambaran contoh tersebut telah jelas mengapa keseimbangan organisme dalam sebuah ekosistem sangat penting. Adapun syarat-syarat sebuah ekosistem akan terjaga keseimbangan dan kelestariannya apabila: 

a. Jumlah produsen lebih banyak daripada jumlah konsumen I. 

b. Jumlah konsumen I harus lebih banyak daripada jumlah konsumen II, dan seterusnya. 

-------------------------------------------
Mari Kita Selalu Belajar Bareng di
qanda.id
Jangan Lupa Komentar dan Saran di
nanangnurulhidayat@gmail.com

Posting Komentar untuk "Perhatikan bagan berikut! Bagaimana ekosistem dalam skema jaring-jaring makanan di atas dapat terjaga"