Menurut Husein Jayadiningrat, Islam yang masuk ke Indonesia berasal dari Persia (Iran sekarang). Tunjukkan

Menurut Husein Jayadiningrat, Islam yang masuk ke Indonesia berasal dari Persia (Iran sekarang). Tunjukkan dasar pendapat Husein tersebut!

Jawab:

Pendapat Husein didasarkan pada kesamaan budaya dan tradisi yang berkembang antara masyarakaat Persia dan Indonesia. Tradisi tersebut seperti tradisi merayakan 10 Muharam atau Asyura sebagai hari suci kaum syiah atas kematian Husein bin Ali, seperti yang berkembang dalam tradisi tabot di Pariaman, Sumatra Barat dan di Bengkulu.

Bukti yang lain menurut Husein Jayadiningrat adalah ejaan dalam tulisan Arab. Barisan di atas, di bawah, dan baris di depan disebut jabar (zabar) dan pes (pjes). Istilah tersebut berasal dari bahasa Iran, sedangkan kalau menurut bahasa Arab, ejaannya adalah fatah, kasrah, dan damah.

Begitu pula huruf sin yang tidak bergigi, sedangkan huruf sin dari bahasa Arab adalah bergigi. Selain itu, pemakaian gelar syah yang biasa dipakai di Persia, juga pernah dipergunakan oleh raja Malaka pada abad ke-15. 

-------------------------------------------
Mari Kita Selalu Belajar Bareng di
qanda.id
Jangan Lupa Komentar dan Saran di
nanangnurulhidayat@gmail.com

Posting Komentar untuk "Menurut Husein Jayadiningrat, Islam yang masuk ke Indonesia berasal dari Persia (Iran sekarang). Tunjukkan"