BI, OJK, ataupun LPS merupakan lembaga independen negara yang memiliki peranan masing-masing

BI, OJK, ataupun LPS merupakan lembaga independen negara yang memiliki peranan masing-masing dalam upaya menjaga kestabilan sistem keuangan di Indonesia. Analisislah keterkaitan antara BI, OJK, dan LPS dalam industri perbankan!

Jawab

Dalam dunia perbankan OJK bertugas melakukan pengaturan dan pengawasan terhadap kegiatan jasa keuangan di sektor perbankan, pasar modal, perasuransian, dana pensiun, lembaga pembiayaan, lembaga jasa keuangan lainnya, dan IKNB lainnya. Bank Indonesia bertugas menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter, mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran, serta mengatur dan mengawasi bank dalam konteks makroprudensial.

Adapun LPS berfungsi menjamin simpanan nasabah dan turut aktif memelihara kestabilan sistem perbankan di Indonesia. Bank Indonesia, OJK, dan LPS berkewajiban membangun dan memelihara sarana pertukaran informasi secara terintegrasi dalam dunia perbankan sehingga diharapkan dapat mendorong kontribusi yang lebih positif bagi perekonomian nasional.

Dalam hal ini Bank Indonesia berperan sebagai pelaksana dan pengatur kebijakan moneter dalam sistem pembayaran untuk mencapai kestabilan nilai rupiah. OJK berperan sebagai pengawas dalam perbankan, dan LPS bertugas menjamin simpanan masyarakat jika terjadi bank gagal sehingga tingkat kepercayaan masyarakat terhadap bank semakin meningkat.

Sebagai pelaksana dalam kebijakan moneter, Bank Indonesia memegang peranan penting sehingga diharapkan kebijakan-kebijakan tersebut dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Sementara OJK sebagai pengawas perbankan dan IKNB, sedangkan LPS menjamin simpanan nasabah. Dengan tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi terhadap dunia perbankan, perekonomian berjalan dengan lancar. 

-------------------------------------------
Mari Kita Selalu Belajar Bareng di
qanda.id
Jangan Lupa Komentar dan Saran di
nanangnurulhidayat@gmail.com

Posting Komentar untuk "BI, OJK, ataupun LPS merupakan lembaga independen negara yang memiliki peranan masing-masing"