Analisislah fungsi Bank Indonesia sebagai bank sentral berdasarkan artikel tersebut

Bacalah artikel berikut!

Bank Indonesia (BI) diperkirakan akan mempertahankan suku bunga acuan pada tingkat 5,75% sepanjang 2023. Bank Indonesia akan berhati-hati dalam menanggapi pandangan terbaru The Fed. Pasalnya, dampak dari transmisi Fed Funds Rate (FFR) di Indonesia akan semakin terlihat melalui imbal hasil obligasi pemerintah. Jika imbal hasil obligasi pemerintah Indonesia bertenor 10 tahun terus menurun dan mendekati level 6%, Bl tidak perlu menaikkan tingkat suku bunga acuan. Selain itu, jika tingkat inflasi tetap terkelola dengan baik dalam kisaran target BI mulai Juni 2023 hingga Desember.

Pendekatan yang konsisten bertujuan memastikan penurunan tingkat inflasi yang berkelanjutan. Pada bulan Mei 2023, Inflasi umum Amerika Serikat turun menjadi 4,0% secara tahunan, menandai level terendah sejak Maret 2021. Penurunan ini terutama didorong oleh penurunan harga energi dan perlambatan inflasi pangan. Selain itu, tingkat pengangguran AS naik menjadi 3,7% pada Mei 2023, mencapai level tertinggi sejak Oktober 2022. "Secara keseluruhan, kami mempertahankan ekspektasi kami bahwa BI akan mempertahankan suku bunga acuan di level 5,75% selama sisa 2023. Namun, penting bagi BI untuk tetap waspada terhadap perkembangan ekonomi global yang masih diwarnai dengan ketidakpastian yang signifikan," jelasnya.

Analisislah fungsi Bank Indonesia sebagai bank sentral berdasarkan artikel tersebut!

Jawab

Secara umum, bank sentral mempunyai fungsi sebagai berikut.

a. Sebagai Bank Sirkulasi. Bank sentral (Bank Indonesia) merupakan pemegang hak tunggal (hak oktroi) dalam pengedaran uang kertas dan uang logam sebagai alat pembayaran yang sah. 

b. Banker’s Bank. Bank sentral adalah bankir dari bank-bank. Dalam hal ini bank sentral berkedudukan se- bagai salah satu sumber dana bagi bank lain. 

c. Lender of Last Resort. Bank sentral adalah pemberi pinjaman pada tingkat terakhir, artinya bank sentral dapat memberi pinjaman kepada bank dalam bentuk kredit likuiditas darurat. 

d. Pelaksana Kebijakan Moneter. Sebagai pelaksana kebijakan moneter bank sentral mengeluarkan kebijakan melalui beberapa instrumen moneter, seperti cash ratio, open market operation, kebijakan diskonto, dan pengawasan kredit selektif. 

e. Penjaga Posisi Likuiditas Negara. Bank sentral menjaga posisi likuiditas negara, termasuk di dalamnya masalah pengaturan dan penatausahaan neraca pembayaran Indonesia. 

Berdasarkan artikel tersebut, Bank Indonesia mem-pertahankan suku bunga acuan 5,75%. Dalam hal ini Bank Indonesia telah menjalankan fungsinya yaitu sebagai pelaksana kebijakan moneter.

-------------------------------------------
Mari Kita Selalu Belajar Bareng di
qanda.id
Jangan Lupa Komentar dan Saran di
nanangnurulhidayat@gmail.com

Posting Komentar untuk "Analisislah fungsi Bank Indonesia sebagai bank sentral berdasarkan artikel tersebut"