Walaupun manusia purba belum mengenal tulisan, mereka sudah mengembangkan kebudayaan dan

Walaupun manusia purba belum mengenal tulisan, mereka sudah mengembangkan kebudayaan dan teknologi. Teknologi yang digunakan manusia pada masa berburu dan mengumpulkan makanan berkaitan dengan peralatan yang digunakan untuk berburu. Alat-alat yang dihasilkan masih kasar. Hal tersebut karena mereka belum mengenal teknik mengasah batu. Tariklah garis antara keterangan dan nama alat-alat yang dihasilkan pada masa berburu dan mengumpulkan makanan dengan tepat!

Keterangan

A. Bentuknya mirip kapak tetapi berukuran lebih besar dan fungsinya untuk membelah bambu.

B. Cara menggunakannya dengan menggenggam, Daerah penemuannya di Pacitan, Ciamis, Gombong, Bengkulu, Lahat, Bali, Flores, dan daerah Timor. Berupa tulang- tulang keras dari binatang yang salah satu ujungnya diruncingkan. Fungsinya sebagai pisau, mata tombak, dan mata panah. 

C. Berupa tulang-tulang keras dari binatang yang salah satu ujungnya diruncingkan. Fungsinya sebagal pisau, mata tombak, dan mata panah.

D. Alat-alat yang terbuat dan pecahan batu yang dibuat dengan bentuk yang sangat sederhana. Dilihat dari bentuknya, memiliki fungsi sebagai pisau atau alat penusuk. Kebanyakan ditemukan di dalam ceruk atau gua-gua yang merupakan tempat tinggal manusia praaksara. 

E. Cara menggunakannya dengan menggenggam baglan yang kecil. Ditemukan hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Pembahasan:

JawabanA–4, B–5, C–1, D–3, E–2

-------------------------------------------
Mari Kita Selalu Belajar Bareng di
qanda.id
Jangan Lupa Komentar dan Saran di
nanangnurulhidayat@gmail.com

Posting Komentar untuk "Walaupun manusia purba belum mengenal tulisan, mereka sudah mengembangkan kebudayaan dan"