Ukraina merupakan salah satu produsen minyak bunga matahari terbesar, tetapi dalam beberapa bulan

Minyak nabati (minyak sayur) merupakan komoditas pangan yang mengalami kenaikan harga tertinggi di skala global pada Juni 2022. Rata-rata harga minyak nabati dunia telah naik sekitar sepertiga kali lipat dalam setahun terakhir. Kenaikan ini merupakan yang terbesar dibanding empat kelompok makanan lainnya. 

Permasalahan yang timbul di Ukraina menjadi salah satu pemicu melonjaknya harga minyak nabati dunia. Pasalnya, Ukraina merupakan salah satu produsen minyak bunga matahari terbesar. Namun, dalam beberapa bulan belakangan pasokan dari Ukraina berkurang akibat masalah di negara tersebut, sementara permintaan dunia sedang meningkat seiring pemulihan pandemi COVID-19.

Komoditas pangan yang mencatat kenaikan terbesar berikutnya adalah kelompok serealia atau biji-bijian, di mana indeks harga globalinya naik 27,6% (yoy) pada Juni 2022.

Hal ini juga dipengaruhi oleh berkurangnya pasokan dari Ukraina, yang termasuk sebagai eksportir gandum utama dunia. Gangguan pasokan dari Ukraina turut mendorong kenaikan harga biji-bijian lainnya. 

Penurunan secara bulanan salah satunya dialami minyak sawit, yang harganya mulai turun seiring membaiknya pasokan dari produsen utama seperti Indonesia dan Malaysia.


1. Ukraina merupakan salah satu produsen minyak bunga matahari terbesar, tetapi dalam beberapa bulan belakangan pasokan minyak berkurang. Akibat berkurangnya produksi, pengaruh terhadap penawaran minyak adalah ….

Jawab:

Penawaran minyak berkurang 


2. Ukraina merupakan salah satu negara penghasil minyak bunga matahari terbesar. Namun, pada beberapa bulan belakangan harga minyak nabati dunia mengalami kenaikan. Berikut yang menyebabkan kenaikan harga minyak nabati dunia adalah …. (Jawaban lebih dari satu)

   A. adanya hambatan dalam negeri Ukraina sebagai produsen minyak bunga matahari sehingga, penawaran berkurang 

   B. permintaan dalam negeri importir mengalami kenaikan akibat pandemi

   C. penawaran dari negara eksportir mengalami kenaikan meskipun terdapat permasalahan dalam negeri

   D. permintaan terhadap minyak bunga matahari di sebagian negara importir mengalami penurunan

   E. adanya gangguan pasokan dari negara eksportir minyak bunga matahari

Pembahasan:

Yang menyebabkan kenaikan harga minyak nabati dunia adalah:

   A. adanya hambatan dalam negeri Ukraina sebagai produsen minyak bunga matahari sehingga, penawaran berkurang 

   B. permintaan dalam negeri importir mengalami kenaikan akibat pandemi

   E. adanya gangguan pasokan dari negara eksportir minyak bunga matahari

Jawaban: A, B. dan E

-------------------------------------------
Mari Kita Selalu Belajar Bareng di
qanda.id
Jangan Lupa Komentar dan Saran di
nanangnurulhidayat@gmail.com

Posting Komentar untuk "Ukraina merupakan salah satu produsen minyak bunga matahari terbesar, tetapi dalam beberapa bulan"