Terangkan alat-alat yang dihasilkan pada masa berburu dan mengumpulkan makanan

Terangkan alat-alat yang dihasilkan pada masa berburu dan mengumpulkan makanan!

Jawab:

Berikut alat-alat yang dihasilkan pada masa berburu dan mengumpulkan makanan.

a. Kapak Perimbas. Merupakan sebuah benda yang memiliki bentuk seperti kapak, tetapi memiliki tangkai yang terbuat dari batu. Cara menggunakan kapak perimbas adalah dengan meng- genggamnya. Daerah yang terdapat kapak perimbas seperti di Pacitan, Ciamis, Gombong, Bengkulu, Lahat, Bali, Flores, dan daerah Timor. Berdasarkan lapisan penemuannya, para ahli menyimpulkan bahwa kapak perimbas adalah hasil budaya Pithecanthropus erectus. Selain di Indonesia, kapak jenis ini juga ditemukan di beberapa negara Asia, seperti Myanmar, Vietnam, Thailand, Malaysia, Filipina, dan Cina sehingga dikelompokkan dalam kebudayaan Bacson-Hoabinh. 

b. Kapak Genggam. Kapak genggam memiliki bentuk yang hampir sama dengan kapak perimbas, tetapi lebih kecil dan belum diasah. Kapak ini juga ditemukan hampir di seluruh wilayah Indonesia. Cara menggunakan kapak ini adalah menggenggam bagian yang kecil. 

c. Alat-Alat dari Tulang. Alat-alat dari tulang ini berupa tulang- tulang keras dari bunatang yang salah satu ujungnya diruncingkan. Fungsi alat-alat tulang ini sebagai pisau, mata tombak, dan mata panah. Alat-alat dari tulang ditemukan di daerah Ngandong, Blora, Jawa Tengah. 

d. Alat-Alat Serpih. Alat-alat serpih adalah alat-alat yang terbuat dari pecahan batu yang dibuat dengan bentuk yang sangat sederhana yang kemungkinan besar dibuat sesuai dengan fungsinya masing-masing. Dilihat dari bentuknya, kemungkinan alat-alat serpih ini antara lain memiliki fungsi sebagai pisau atau alat penusuk. Di Indonesia, alat-alat ini banyak ditemukan di daerah Sangiran (Jawa Tengah), Cabbenge (Sulawesi Selatan), Maumere (Flores), dan Timor. Kebanyakan ditemukan di dalam ceruk atau gua-gua yang merupakan tempat tinggal manusia praaksara. 

e. Kapak Penetak. Bentuk kapak penetak mirip dengan kapak perimbas, tetapi berukuran lebih besar. Fungsi kapak penetak untuk membelah kayu, pohon, dan bambu. 

-------------------------------------------
Mari Kita Selalu Belajar Bareng di
qanda.id
Jangan Lupa Komentar dan Saran di
nanangnurulhidayat@gmail.com

Posting Komentar untuk "Terangkan alat-alat yang dihasilkan pada masa berburu dan mengumpulkan makanan"