Perhatikan bacaan berikut! Berdasarkan klasifikasinya, terumbu karang termasuk ke dalam kingdom Animalia

Perhatikan bacaan berikut!

Berdasarkan klasifikasinya, terumbu karang termasuk ke dalam kingdom Animalia yang berarti terumbu karang merupakan hewan. Terumbu karang tergolong ke dalam filum Cnidaria. Sama dengan hewan- hewan yang tergolong ke dalam Cnidaria lainnya, terumbu karang memiliki sel penyengat atau yang dikenal dengan knidoblas. Umumnya struktur ini digunakan untuk menyerang mangsanya. Hewan yang tergolong ke dalam Cnidaria juga memiliki karakteristik rongga perut yang besar. Terumbu karang akan tumbuh menjadi koloni-koloni dan masing-masing koloni terdiri dari ratusan hingga ribuan polip. Polip merupakan hewan sall di mana polip memiliki bentuk tubuh allindria berukuran kecil dengan struktur bukaan atau mulut yang dikelilingi dengan tentakel penyengat. Terumbu karang bukan termasuk tumbuhan karena sel polip yang membentuk terumbu karang tidak seperti sel pada tumbuhan. Ciri khas pada sel tumbuhan adalah struktur seinya yang kaku dan mengandung sel kloroplas yang mendukung suatu Individu untuk melakukan fotosintesis. Secara morfologi dan anatomi, sel-sel yang membentuk terumbu karang tidak memiliki ciri tersebut. Hal ini dibuktikan dengan keberadaan Zooxanthellae yang ada di sekitar terumbu karang. Zooxanthellae merupakan alga sel tunggal yang hidup di sekitar terumbu karang. Keberadaan Zooxanthellae memberikan wama cokelat kahijauan pada terumbu karang. Terumbu karang hidup bersamaan dengan Zooxanthellae melalui sebuah simbiosis yang menguntungkan satu sama lain.

Jelaskan alasan terumbu karang tergolong hewan dan bukan termasuk golongan tumbuhan berdasarkan bacaan tersebut!

Jawab:

Terumbu karang tergolong ke dalam kingdom Animalia filum Cnidaria. Cnidaria merupakan kelompok hewan Invertebrata yang secara strukturnya masih sederhana. Sama dengan hewan-hewan yang tergolong ke dalam Cnidaria lainnya, terumbu karang memiliki sel penyengat atau yang dikenal dengan knidoblas. 

Hewan yang tergolong ke dalam Cnidaria juga memiliki karakteristik rongga perut yang besar. Terumbu karang bukan termasuk tumbuhan karena sel polip yang membentuk terumbu karang tidak seperti sel pada tumbuhan.

Ciri khas pada sel tumbuhan adalah struktur selnya yang kaku dan mengandung sel kloroplas yang mendukung suatu individu untuk melakukan fotosintesis. Secara morfologi dan anatomi, sel-sel yang membentuk terumbu karang tidak memiliki ciri tersebut.

-------------------------------------------
Jangan Lupa Selalu Dukung Blog Ini
Kunjungi Terus qanda.id (Mas Dayat)
Terimakasih atas kepercayaan Anda
Kerjasama iklan : nanangnurulhidayat@gmail.com

Posting Komentar untuk "Perhatikan bacaan berikut! Berdasarkan klasifikasinya, terumbu karang termasuk ke dalam kingdom Animalia"