Pasar persaingan tidak sempurna merupakan pasar yang jumlah penjual dan pembeli tidak sebanding

Pasar persaingan tidak sempurna merupakan pasar yang jumlah penjual dan pembeli tidak sebanding. Salah satu bentuk pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar monopolistik. Identifikasikan kelebihan dan kekurangan pasar monopolistik!

Jawab:

Kelebihan pasar monopolistik

a. Terdapat banyak penjual sehingga konsumen memiliki pilihan. Hal ini akan menguntungkan konsumen karena produsen akan berupaya melayani konsumen dengan sebaik mungkin. 

b. Bebas keluar masuk pasar akan mendorong produsen untuk berkompetisi dengan sehat sehingga mendorong untuk selalu inovatif dalam menghasilkan produknya. 

c. Diferensiasi produk mendorong konsumen untuk selektif dalam menentukan produk yang diinginkan. 

d. Pasar persaingan monopolistik merupakan pasar yang mudah dijumpai. 

Kekurangan pasar monopolistik

a. Memiliki tingkat persaingan yang tinggi. 

b. Meskipun terdapat kebebasan untuk keluar masuk, untuk memasuki pasar tetap membutuhkan modal yang besar karena para pemain di dalam pasar telah memiliki skala ekonomi yang cukup tinggi. 

c. Pasar monopolistik mendorong produsen mengadakan inovasi produk sehingga meningkatkan biaya perusahaan yang pada akhirnya berimbas kepada harga produk yang dibayar konsumen. 

-------------------------------------------
Mari Kita Selalu Belajar Bareng di
qanda.id
Jangan Lupa Komentar dan Saran di
nanangnurulhidayat@gmail.com

Posting Komentar untuk "Pasar persaingan tidak sempurna merupakan pasar yang jumlah penjual dan pembeli tidak sebanding"