Pasar monopolistik merupakan pasar yang terdapat banyak penjual dengan berbagai macam variasi produk

Pasar monopolistik merupakan pasar yang terdapat banyak penjual dengan berbagai macam variasi produk sehingga produsen mampu memengaruhi harga. Terangkan cara produsen dapat memengaruhi harga dalam pasar tersebut! 

Jawab:

Kekuasaan memengaruhi harga oleh perusahaan monopolistik bersumber dari sifat barang yang dihasilkannya, yaitu yang bersifat berbeda corak atau differentiated product.

Perbedaan ini menyebabkan para pembeli bersifat memilih, yaitu lebih menyukai barang dari perusahaan tertentu dan kurang menyukai barang yang dihasilkan oleh perusahaan lainnya. Maka, apabila suatu perusahaan menaikkan harga barangnya, ia masih dapat menarik pembeli walaupun jumlah pembelinya tidak sebanyak seperti sebelum kenaikan harga.

Sebaliknya, apabila perusahaan menurunkan harga, tidaklah mudah untuk menjual semua barang yang diproduksikannya. Banyak di antara konsumen di pasar masih tetap membeli barang yang dihasilkan oleh perusahaan-perusahaan lain, walaupun harganya sudah menjadi relatif lebih mahal. 

-------------------------------------------
Mari Kita Selalu Belajar Bareng di
qanda.id
Jangan Lupa Komentar dan Saran di
nanangnurulhidayat@gmail.com

Posting Komentar untuk "Pasar monopolistik merupakan pasar yang terdapat banyak penjual dengan berbagai macam variasi produk"