Metodologi penelitian sejarah merupakan suatu proses untuk mengumpulkan, menilai, dan menafsirkan

Metodologi penelitian sejarah merupakan suatu proses untuk mengumpulkan, menilai, dan menafsirkan sumber-sumber sejarah yang telah ditemukan. Kemukakan langkah-langkah dalam metodologi penelitian!

Jawab:

Berikut langkah-langkah dalam metodologi penelitian. 

a. Pemilihan Topik. Sebelum melakukan proses penelitian sejarah, seorang sejarawan perlu melakukan pemilihan topik penelitian dengan tujuan agar dalam melakukan pencarian sumber- sumber sejarah dapat terarah dan tepat sasaran. 

b. Heuristik/Pengumpulan Sumber. Heuristik merupakan suatu tahap dalam penelitian sejarah untuk mencari, menemukan, dan mengumpulkan sumber- sumber sejarah, baik sumber benda, sumber tulisan, maupun sumber lisan. 

c. Verifikasi/Kritik Sumber. Verifikasi adalah kegiatan memeriksa, mengoreksi, serta menilai sumber-sumber sejarah yang telah dikumpulkan sehingga bisa dipisahkan mana yang merupakan sumber penting dan mana yang bukan. 

d. Interpretasi. Interpetasi dalam sejarah adalah penafsiran terhadap sumber-sumber sejarah yang terpilih sebagai bukti penelitiannya. 

e. Historiografi. Historiografi adalah proses penyusunan fakta-fakta sejarah dan berbagai sumber yang telah diseleksi dalam sebuah bentuk penulisan sejarah. 

-------------------------------------------
Mari Kita Selalu Belajar Bareng di
qanda.id
Jangan Lupa Komentar dan Saran di
nanangnurulhidayat@gmail.com

Posting Komentar untuk "Metodologi penelitian sejarah merupakan suatu proses untuk mengumpulkan, menilai, dan menafsirkan"