Manusia pada masa bercocok tanam sudah memasuki zaman megalitikum. Megalitikum merupakan

Manusia pada masa bercocok tanam sudah memasuki zaman megalitikum. Megalitikum merupakan kebudayaan yang menghasilkan bangunan-bangunan monumental yang terbuat dari batu-batu besar. Bangunan megalitikum digunakan sebagai sarana untuk menghormati dan pemujaan terhadap roh nenek moyang. Tariklah garis antara keterangan dan bangunan-bangunan megalitikum dengan tepat!

Keterangan

A. Merupakan tiang alau tugu yang terbuat dari batu. Didirikan sebagai tanda peringatan dan melambangkan arwah nenek moyang sehingga menjadi benda pujaan. Fungsinya sebagai sarana pemujaan terhadap arwah nenek moyang dan sebagai tempat memperingati seseorang (kepala suku) yang telah meninggal.

B. Merupakan peti jenazah yang terpendam di dalam tanah yang berbentuk persegi panjang, sisi, alas, dan tutupnya terbuat dari papan batu yang disusun menjadi peti.

C. Merupakan kubur batu yang berbentuk kubus atau bulat dengan tutup berbentuk atap rumah. Penempatan posisi mayat jongkok terlipat. Hanya ditemukan di Minahasa.

D. Merupakan peti jenazah yang bentuknya seperti lesung tetapi mempunyai tutup. Pembuatannya seperti lesung, tetapi bentuknya seperti keranda, dapat diartikan sebagai perahu roh untuk membawa roh berlayar ke dunia roh. 

E. Merupakan meja batu besar dengan permukaan rata sebagai tempat meletakkan sesaji, sebagai tempat meletakkan roh, dan menjadi tempat duduk ketua suku agar mendapat berkat magis dari leluhurnya.

Pembahasan:

Jawaban: A–3, B–1, C–5, D–2, E–4

-------------------------------------------
Mari Kita Selalu Belajar Bareng di
qanda.id
Jangan Lupa Komentar dan Saran di
nanangnurulhidayat@gmail.com

Posting Komentar untuk "Manusia pada masa bercocok tanam sudah memasuki zaman megalitikum. Megalitikum merupakan"