Bacalah teks berikut! PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) masih menjadi pemimpin pasar (market leader)

Bacalah teks berikut!

PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) masih menjadi pemimpin pasar (market leader). Namun, pangsa pasarnya sejak 2019 hingga tahun ini cenderung turun menjadi 48% dari sebelumnya 52%. Hal ini terjadi karena pada saat itu SMGR tengah menikmati tambahan pangsa pasar. Tambahan ini akibat kompetitor menaikkan harga sehingga konsumen beralih ke semen produksi SMGR.

Namun, rupanya kenaikan harga akibat naiknya harga bahan baku yang tadinya terjadi di kompetitor juga mulai menghampiri SMGR. Jadi, harga jual semen SMGR naik. "Namun, kenaikan Ini tidak langsung diikuti oleh kompetitor sehingga terjadi penurunan market share."

SMGR kemudian melakukan perbaikan dari segi rantai pasok, logistik, dan kargo konsolidasi serta penetrasi pasar baru. Jadi, perseroan dapat tetap memperkuat posisi di daerah yang belum tersentuh produk SMGR dan belum ada kompetitor yang masuk di kawasan tersebut.

Pasar berdasarkan strukturnya dibedakan menjadi dua yaitu pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna. Pasar persaingan tidak sempurna terdiri dari pasar monopoli, oligopoli, oligopsoni, monopsoni, dan monopolistik. Berdasarkan teks tersebut, dapat disimpulkan bahwa produsen semen merupakan contoh bentuk pasar persaingan tidak sempurna yaitu pasar …. 

Jawab:

Oligopoli

-------------------------------------------
Mari Kita Selalu Belajar Bareng di
qanda.id
Jangan Lupa Komentar dan Saran di
nanangnurulhidayat@gmail.com

Posting Komentar untuk "Bacalah teks berikut! PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) masih menjadi pemimpin pasar (market leader)"