Di dalam aktivitas sehari-hari, kita selalu dihadapkan pada adanya pilihan dengan skala prioritas

Di dalam aktivitas sehari-hari, kita selalu dihadapkan pada adanya pilihan dengan skala prioritas pemenuhan kebutuhan. Hal ini disebabkan oleh terjadinya kelangkaan sumber daya, sementara pemenuhan kebutuhan harus berlangsung terus. Skala prioritas sering kita kenal dengan istilah biaya sehari-hari dan biaya peluang. Jelaskan perbedaan antara biaya sehari-hari dan biaya peluang serta berilah contohnya!

Jawab:

Berikut perbedaan biaya peluang dengan biaya sehari-hari.

Biaya peluang muncul karena kita melakukan suatu kegiatan dan mengorbankan kegiatan yang lain. Pilihan yang kita tinggalkan itulah yang di- sebut dengan biaya peluang. Contoh: saat liburan Ayu lebih memilih ke Puncak daripada ke pantai. Biaya peluang tidak selalu berhubungan dengan uang.

Adapun biaya sehari-hari merupakan pengorbanan yang harus dilakukan untuk me- lakukan suatu kegiatan ekonomi tanpa memper- hitungkan kerugian karena dikorbankan kegiatan lain. Contoh: setiap hari Bu Rini mengeluarkan uang sebanyak Rp100.000,00 untuk mencukupi kebutuhan keluarganya.

-------------------------------------------
Jangan Lupa Selalu Dukung Blog Ini
Kunjungi Terus qanda.id (Mas Dayat)
Terimakasih atas kepercayaan Anda
Kerjasama iklan : nanangnurulhidayat@gmail.com

Posting Komentar untuk "Di dalam aktivitas sehari-hari, kita selalu dihadapkan pada adanya pilihan dengan skala prioritas"